Jenis Verba Dalam Bahasa Jerman



Basasing - Hallo sahabat basasing, kali ini saya akan membahas mengenai bahasa Jerman. Setiap bahasa pasti mempunyai sebuah verba atau kata kerja bukan? Tahukah kalian bahwa verba dalam bahasa Jerman memiliki sisi yang unik. Yuk disimak baik-baik! 

Bahasa Jerman merupakan bahasa fleksi yaitu bahasa yang mengalami perubahan bentuk kata sesuai dengan perbedaan waktu, jenis kelamin, jumlah dan lain sebagainya. Bagi kalian pembelajar bahasa Jerman harus paham mengenai deklinasi dan konjugasi. Deklinasi adalah perubahan substantiva dan adjektiva karena verba (kata kerja) ataupun preposisi. Sedangkan konjugasi adalah perubahan verba karena subjek. Kata kerja dalam bahasa Jerman dicirikan dengan bentuk kata dasar dan berakhiran -en contohnya trinken (trinken) dimana trink adalah kata dasar dan ditambahi akhiran -en. Dalam bahasa Jerman juga terdapat beberapa jenis kata kerja:

1. Kata Kerja Lemah (Beraturan)


Maksudnya kata kerja lemah adalah kata kerja ini memiliki bentuk teratur atau kalau dalam bahasa inggris kita mengenalnya regular verb atau kita menyebutnya kata kerja beraturan. contohnya pada kata kerja trinken.


PERSONEL PRONOMEN
BENTUK DASAR
AKHIRAN
PERUBAHAN
SINGULAR
Ich (saya)
Trink
-e
Trinke
Du (kamu)
Trink
-st
Trinkst
Er/sie/es
Trink
-t
Trinkt
Sie (Anda)
Trink
-en
Trinken
PLURAL
Wir (kami)
Trink
-en
Trinken
Ihr (kalian)
Trink
-t
Trinkt
sie (mereka)
Trink
-en
trinken

2. Kata Kerja Kuat (Tidak Beraturan)

Jika dalam kata kerja lemah bentuk dasar tidak mengalami perubahan, berbeda dengan kata kerja kuat yangmana dalam bentuk dasarnya memiliki perubahan dengan menanbahkan titik dua di huruf vokal atau biasa disebut umlaut. contohnya pada kata kerja tragen (memakai).



PERSONEL PRONOMEN
BENTUK DASAR
AKHIRAN
PERUBAHAN
SINGULAR
Ich (saya)
Trag
-e
Trage
Du (kamu)
Trag
-st
Trägst
Er/sie/es
Trag
-t
Trägt
Sie (Anda)
Trag
-en
Tragen
PLURAL
Wir (kami)
Trag
-en
Tragen
Ihr (kalian)
Trag
-t
Tragt
sie (mereka)
Trag
-en
Tragen

3. Kata Kerja Trennbar

Kata kerja trennbar adalah kata kerja yang harus dipisahkan karena kata kerja ini memiliki kata kerja sendiri dan verbzusatz yang letaknya diawal verba. Verbzusatz adalah kata preposisi yang berada didepan kata kerja yang dapat membuat arti dari makna kata kerja berubah. contohnya adalah anfangen (memulai), einschlafen (tertidur),verschlafen (mengantuk), aufstehen (bangun).

Penggunaan verba trennbar contohnya sebagai berikut:
Wir fangen die besprechung am 7 uhr an.
Kita mulai rapat pada jam 7.

*penjelasan : yang menjadi kata kerja trennbar adalah anfangen dengan an sebagai verbzusatz dan fangen sebagai verba. Posisi verba selalu diletakan setelah subjeck dan verbzusatz di akhir kalimat. verbzusatz menguban fangen yang sebelumnya berarti "menangkap" menjadi "memulai".


Mungkin menurut saya pribadi hal yang paling sulit disini adalah kata kerja trennbar dimana kita harus benar-benar mendengarkan si penutur hingga akhir. Karena jika kita memotong atau menyela bahkan mengabaikan maka yang akan terjadi adalah kesalahan pemahaman. Mungkin materi kali ini sampai disini. Penulis mengetahui bahwa artikel ini tidaklah sempurna. Oleh karena itu jika ada kesalahan dalam artikel ini, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.


Sumber:
http://www.bahasajermann.com/kata-kerja-bahasa-jerman.html

Dian Dwi Anisa, Cindhy Dwi Meidany.2016.Jago Kuasai Bahasa Jerman.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Gambar : https://www.flickr.com/photos/101149987@N07/33452746953/in/photolist-SY75cc-pdgDhM-aVXBkg-25NbCjH-cHb6HS-saovgD-8oFsgv-S94ybT-CHWSD8-pqBSbz-3JY1mo-5gLDxo-W5yWuc-tM7ju-6HpXvj-pMGbT9-aVXBdi-5UnaJq-nKZDBU-qjPsdo-9Mg5Do-2bKXGUz-omtm5P-WrWZqf-9ZuCqN-geaszd-VRp3EP-aVXCAg-8BGXpK-asESCr-ddrS53-hGUhfC-p3UwBW-aVXB68-fDBN2f-27VpjBd-kW1cNr-RTkcyZ-25VYL3y-PrupsY-MrFK9p-XjgFD6-5Un8S1-28n15JJ-8GbXKQ-5RN39m-akpF62-4AS2bu-4K112b-qi63Z4

Jenis Verba Dalam Bahasa Jerman Jenis Verba Dalam Bahasa Jerman Reviewed by Fikri Haikal on November 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.