Pengenalan Bahasa Jerman


Basasing -  Hallo semua, bosan dengan bahasa Jepang, Korea, Inggris? kali ini saya mencoba mempelajari bahasa Jerman. Saya juga ingin membagikan pengetahuan saya kepada anda seperti yang guru saya katakan "kalau ilmu dibagikan kepada orang lain, maka ilmunya akan terus ada didalam kepala". Maka dari itu saya ingin menggambarkan terlebih dahulu apa itu bahasa Jerman.

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang digunakan cukup luas di daerah Eropa. Bahasa Jerman digunakan sebagai bahasa ibu di negara Jerman, Austria, Luksemburg, Liechtenstein, Swiss, dan Negara bagian Italia, Tirol Selatan. Banyak orang yang menanggap bahwa bahasa Jerman itu mudah. Menurut saya itu sendiri bersifat subyektif karena pendapat orang mengenai sesuatu hal pasti berbeda-beda. Pelafalan bahasa Jerman yang sama hampir sama dengan fonetiknya maka hal bagi penutur bahasa Indonesia sedikit mudah untuk memahaminya walaupun ada beberapa kata yang pengucapannya berbeda dengan huruf/fonetiknya.

Menurut saya hal yang sulit dari bahasa Jerman adalah ketika kita harus menentukan apakah sebuah kata benda itu termasuk maskulin, feminin atau netral. Inilah salah satu yang membedakan bahasa Jerman dengan bahasa Inggris.  

Huruf alphabetik bahasa jerman terdapat 26 huruf dan terdapat huruf umlaut atau huruf yang menambahkan titik dua diatas huruf vokal 'a'. 'o', dan 'u' menjadi "ä". "ö", " ü". huruf ekstra keempat adalah ß dibaca "SS". Bahasa Jerman juga memiliki diftong sama seperti bahasa Indonesia yaitu bunyi vokal rangkap yang tergolong satu kata. Contoh dari diftong adalah "au", "eu", "ai", "ei", "ee", "ie", "äu".

Berbeda dengan bahasa Indonesia dimana setiap awal kalimat ditandai dengan huruf besar, Bahasa Jerman semua kata benda ditulis dengan huruf awal besar diawal kata benda (awal kalimat, kata benda, nama orang, kata benda yang berasal dari kata sifat/kata kerja). Pemakaian huruf kecil digunakan pada saat kata kerja, kata kerja, subjek yang informal (ich,du,er,wir,sie), kata penghubung, kata keterangan, kata depan).

Ujian bahasa Jerman dikenal denan nama Goethe. Tingkat level pada Goethe diawali dengan level yang paling awal yaitu A2,A1,B2,B1,C2,dan C1. Mengenai info lebih lengkap kalian bisa cek disini https://www.goethe.de/ins/id/id/index.html

Sekian pengenalan bahasa Jerman rangkuman dari beberapa materi yang saya baca. Semoga anda tertarik mempelajari bahasa Jerman. Jika ada yang kurang atau salah, saya sebagai penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. 



Sumber:
https://www.goethe.de/ins/id/id/index.html

https://www.flickr.com/photos/101149987@N07/33452746953/in/photolist-SY75cc-pdgDhM-aVXBkg-25NbCjH-cHb6HS-saovgD-8oFsgv-S94ybT-CHWSD8-pqBSbz-3JY1mo-5gLDxo-W5yWuc-tM7ju-6HpXvj-pMGbT9-aVXBdi-5UnaJq-nKZDBU-qjPsdo-9Mg5Do-2bKXGUz-omtm5P-WrWZqf-9ZuCqN-geaszd-VRp3EP-aVXCAg-8BGXpK-asESCr-ddrS53-hGUhfC-p3UwBW-aVXB68-fDBN2f-27VpjBd-kW1cNr-RTkcyZ-25VYL3y-PrupsY-MrFK9p-XjgFD6-5Un8S1-28n15JJ-8GbXKQ-5RN39m-akpF62-4AS2bu-4K112b-qi63Z4
Pengenalan Bahasa Jerman Pengenalan Bahasa Jerman Reviewed by Fikri Haikal on November 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.