Bahasa Belanda Pelajaran 2 : Kata Sandang



Basasing - Hallo teman-teman bahasa, bertemu kembali dengan saya sebagai pembawa materi bahasa asing. Setelah sebelumnya saya membahas mengenai pengucapan dalam bahasa Belanda, sekarang kita beranjak menuju pengenalan kata sandang. Yuk kita simak baik-baik!

Dalam bahasa belanda ada dua kata sandang yaitu kata sandang tidak tentu dan kata sandang tentu. Kata sandang tentu didepan kalimat terdapat EEN sedangkan kata sandang tidak tentu didepan kata benda yaitu DE untuk maskulin/feminin dan HET untuk netral.

KATA SANDANG TIDAK TENTU

kata sandang tidak tentu EEN dapat diartikan sebagai sebuah, sepotong, setangkai, seorang dan lain-lainnya. Baik maskulin, feminin maupun netral, kita tetap menggunakan EEN sebelum kata benda. Seperti : een Meisje (seorang gadis), een boek (sebuah buku), een olifant (seekor gajah). 

Contoh diatas merupakan bentuk tunggal dari setiap kata sandang yang tidak tentu, lantas bagaimana dengan kata sandang bentuk jamak? Teman-teman tidak menambahkan bentuk tidak tentu EEN melainkan langsung saja sebut kata benda tersebut contohnya olifanten (gajah-gajah), mannen (pria-pria), jongens (anak-anak muda). boeken (buku-buku). 

KATA SANDANG TENTU

Dalam kata sandang tentu berarti kita sudah menemukan apakah kata benda tersebut maskulin atau feminin dan berarti teman-teman sudah menggunakan DE dan HET. berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata sandang tentu dengan kata benda tunggal: het meisje, de jongen, de olifant. Kemudian bagaimana jika kata benda jamak? teman-teman hanya perlu mengubah bentuk baik itu DE dan HET menjadi DE

Kapan Kita Menggunakan DE?

  • kata benda maskulin dan feminin
  • kata benda yang berakhiran -ing, -ie,-or, -aar, -eur, -er

Kapan Kita Menggunakan HET?

  • kata benda netral
  • akhiran kata benda -aat, -um, -isme, -ge, -be, -ver.

Bagaimana teman-teman? mudah bukan untuk mempelajari bahasa Belanda. Teman-teman bisa juga mencari sumber-sumber lainnya baik lewat buku ataupun internet. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata sekian dan terima kasih.

Sumber:
http://nederindo.com/2011/07/kata-sandang-het-de-dan-een-dalam-bahasa-belanda/
Bahasa Belanda Pelajaran 2 : Kata Sandang Bahasa Belanda Pelajaran 2 : Kata Sandang Reviewed by Fikri Haikal on January 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.