Bahasa Belanda Pelajaran 3 : Pembentukan Kalimat



Basasing - Hallo teman-teman sahabat bahasa, bagaimana dengan progress kemajuan bahasa asingnya? Teman-teman masih semangat bukan untuk mempelajari bahasa Belanda. Yap  kali ini saya akan memberikan materi mengenai bahasa Belanda. Disimak baik-baik ya teman-teman!

Dalam bahasa Belanda terdapat beberapa bentuk kalimat yaitu:
  • kalimat berita atau pernyataan
  • kalimat pengingkaran atau bentuk negatif
  • kalimat pertanyaan positif
  • kalimat pertanyaan negatif
Jika kalian sebelumnya mempelajari bahasa Jerman, maka rumus pembuatan kalimat ini sama dengan bahasa Jerman. Bagi teman-teman yang baru belajar bahasa Belanda alangkah baiknya juga saya memberikan rumus-rumus dalam pembentukan kalimat.

Sebelum masuk kedalam materi, teman-teman juga harus mengetahui subjek dalam bahasa Belanda. Dalam bahasa Belanda ada beberapa subjek yaitu:
Bahasa Belanda
Bahasa Indonesia
Ik
Saya
Je/jij/u
Kamu
Hij
Dia laki-laki
Ze/zij
Dia Perempuan
We/wij
Kami/kita
Jullie
kalian
Zij/ze
mereka

Setelah kita mengenal subjek dalam bahasa Belanda, kita harus mengenal bentuk kata kerja dalam bahasa Belanda. Setiap kata kerja belanda kebanyakan diakhiri stamm + -en. Contohnya Spreken yaitu kata kerja dasar adalah Sprek + en. Intinya kalian harus memisahkan akhiran -en dalam kata kerja ya teman-teman. Seperti juga bahasa Jerman, perubahan kata kerja juga dipengaruhi oleh siapa subjek yang melakukannya. Teman-teman bisa mencari sendiri bagaimana bentuk perubahan kata kerja tersebut.

Kalimat Berita Atau Pernyataan

Rumus : Subjek + Kata Kerja + Objek + Keterangan

Contoh kalimat:

Ik ben een Student.
saya adalah seorang mahasiswa.

Mijn Vader eet twee appels.
Ayah saya makan dua appel.

Hij draagt zijn kleren.
dia memakai pakaiannya.

Kata Kerja Pengingkaran Atau Negatif

Rumus : 
Subjek + Kata Kerja + Niet + Objek 
Subjek + Kata Kerja + GEEN + Objek

*kalau niet itu kata bendanya sudah jelas bentuknya yaitu menggunakan de atau het namun kalau geen adalah kata benda yang bersifat infinitif. Geen adalah perpaduan antara G + EEN, jika EEN adalah bentuk positif maka GEEN adalah bentuk negatifnya.

Contoh

Dat is geen Kantoor.
itu bukanlah kantor,

Ik drink geen water.
saya tidak minum air.

Ik ga niet naar Bandung.
Saya tidak pergi ke Bandung.

Kata Kerja Interogatif Atau Pertanyaan

Rumus:
Kata Kerja + Subjek + Objek?

Contoh:

Eet Je mijn appel?
Apakah kamu memakan apel saya?

Ziet je haar Hond?
Apakah kamu melihar anjing dia (perempuan)?

Jika teman-teman ingin melihat bentuk-bentuk konjugasi kata kerja terhadap subjek yang melakukannya, teman-teman dapat menggunakan situs https://www.babla.co.id/karena saya terkadang menggunakan website tersebut untuk melihat bentuk-bentuk konjugasi.


Bagaimana teman-teman materi kali ini? cukup menarik bukan untuk dipelajari lebih lanjut. Teman-teman dapat membuat kalimat sendiri dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Belanda. Jika dalam artikel ini terdapat sebuah kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar agar saya dapat segera memperbaikinya.


Sumber:
https://amaliaastari.wordpress.com/2012/05/25/belajar-bahasa-belanda-mudah/
Bahasa Belanda Pelajaran 3 : Pembentukan Kalimat Bahasa Belanda Pelajaran 3 : Pembentukan Kalimat Reviewed by Fikri Haikal on January 29, 2019 Rating: 5

2 comments:

  1. Kakk kalau niet harus selalu pakai de/het? Semisal ik was niet itu salah/benar kak? Atau yang benar ik was geen? Semoga d jawab terimakasih kakk:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya tidak tahu maksud pertanyaan kedua dan ketiga anda namun untuk pertanyaan pertama apakah niet selalu berdampingan pada het atau de yaitu:
      1. niet bisa diletakkan pada nomina tentu atau definitif pada akhir kalimat.
      2. hanya terdiri dari kalimat sederhana yaitu subjek dan predikat.
      3. keterangan waktu dan tempat.

      Berdasarkan penjelasan diatas, jika dilihat dari pertanyaan kakak yang ik was yang terdiri dari subjek dan predikat, jadi jawabannya adalah ik was niet. Tapi kembali lagi, sebenarnya kakak ingin mengutarakan apa, itu yang menjadi kunci dalam bahasa. Terima kasih.

      Delete

Powered by Blogger.