Bahasa Belanda Pelajaran 5 : Kata Kerja



Basasing - Hallo teman-teman sahabat bahasa asing bersama, bagaimana kabarnya? semoga selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan. Oke teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi mengenai bahasa Belanda yaitu pada bagian kata kerja. Yuk langsung disimak saja pembahasannya.

Pada bahasa Belanda, bentuk kata kerja dikonjugasikan oleh subjek yang melakukan kegiatan tersebut sama seperti bahasa Jerman jika teman-teman pernah mempelajari sebelumnya. Teman-teman dapat mengetahui bentuk kata kerja bahasa Belanda yaitu disetiap akhir kata kerja terdapat akhiran atau dikenal dengan bentuk infinitif kata kerja -en contohnya schrijven (menulis) ,lezen (membaca), eten (makan) dan lain sebagainya. Sampai sini teman-teman sudah paham? oke kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

Seperti yang saya ucapkan sebelumnya bahwa kata kerja dikonjugasikan dengan subjek atau siapa yang melakukannya. Kita harus mengetahui terlebih dahulu bentuk stamm atau kata kerja dengan membuat akhiran -en dalam setiap kata kerja. Saya beri contoh seperti denken yaitu dengan membuat -en sehingga dapat diambil bentuk stammnya yaitu denk. Namun terdapat beberapa pengecualian untuk beberapa kata kerja.

1. Jika suku kata sebelum suku kata terakhir terdapat huruf vokal, maka huruf vokal tersebut harus ditambahi satu vokal sebelumnya, contoh:

Spreken ==> Spre -ken ==> Spreek
Maken ==> Ma -ken ==> Maak

2. Jika terdapat huruf ganda dalam satu kata kerja, maka salah satu dari huruf tersebut harus dibuang. Contoh:
Pakken ==> Pak-ken ==> Pak
Zeggen ==> Zeg-gen ==> Zeg

3. Jika ada huruf -z sebelum kata -en, maka huruf tersebut harus diganti dengan -s. Contoh
Lezen ==> Les -en ==> Lees

4. Jika terdapat huruf -v sebelum kata -en, maka huruf tersebut harus diganti dengan -f. Contoh
Schrijven ==> Schrij- Ven ==> Schrijf

Setelah kita mengetahui perubahan bentuk kata kerja, sekarang kita akan melihat bagaimana konjugasinya dengan subjek dengan kata kerja wonen (Tinggal):

Kata Kerja
Konjugasi
Contoh
Ik
-tanpa konjugasi apapun
Woon
Je/jij

Woont
Hij (dia laki-laki)
-t
Woont
Zij/Ze (dia perempuan)
-t
Woont
Wij/we (kami)
Infinitive
Wonen
Jullie (kalian)
Infinitive
Wonen
Ze/Zij (mereka)
Intinitive
Wonen

Bagaimana teman-teman? sudah paham mengenai konjugasi kata kerja terhadap subjek dalam bahasa Belanda? teman-teman harus berlatih agar dapat menguasai salah satu kunci agar dapat menguasai bahasa Belanda. Teman-teman dapat mecari beberapa kata kerja di internet atau dapat menggunakan google translate hanya sebatas mencari kata kerja. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya karena saya juga masih terdapat kekurangan dan tiada kesempurnaan. Terima Kasih.


Sumber:
http://nederindo.com/2011/07/kata-ganti-persona-dalam-bahasa-belanda/

Bahasa Belanda Pelajaran 5 : Kata Kerja Bahasa Belanda Pelajaran 5 : Kata Kerja Reviewed by Fikri Haikal on February 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.