Bahasa Belanda Pelajaran 6 : Struktur Kalimat Sederhana



Basasing - Hallo teman-teman sahabat bahasa asing, setelah kita mempelajari mengenai konjugasi kata kerja terhadap subjek, maka pelajaran selanjutnya adalah membuat kalimat dengan menggunakan bahasa Belanda. Oke teman-teman, langsung saja kita membahas materi hari ini.

Dalam bahasa Belanda, struktur dasar kalimat sederhana sama seperti dengan bahasa Indonesia yaitu S + P + O. Teman-teman sudah terbayang untuk membuat contoh kalimatnya? Namun ada beberapa rumus yang harus teman-teman ketahui mengenai bahasa Belanda. Saya akan memberikan beberapa struktur dasar kalimat bahasa Belanda:

1. Subjek + Predikat + Objek

Ik     eet       brood.
Saya makan roti.

Ik      ga     naar   Korea.
Saya pergi  ke     Korea.

2. Subjek + Prediakat 1 + Objek + Predikat 2

Dalam bahasa Belanda, jika terdapat dua buah atau lebih kata kerja dalam satu kalimat, maka kata kerja kedua dan selanjutnya diletakkan dibagian belakang setelah objek dan tidak mengalami bentuk konjugasi melainkan tetap mempertahankan bentuk infinitif dan predikat satu masih sama yaitu dikenakan perubahan bentuk kata kerja dengan subjeknya.
Contoh:

Ik      will        Japans            leren.
Saya akan    Bahasa Jepang  belajar.
Saya akan belajar bahasa Jepang.

Kun        je     Indonesisch   spreken?
dapat    kamu   Indonesia   berbicara?
Dapatkah kamu berbiacara bahasa Indonesia?

3. Subjek + Predikat 1 + Keterangan Waktu + Objek

Ik       ga     morgen naar     school
saya pergi    pagi       ke     sekolah
saya pergi ke sekolah pagi hari

4. Predikat 1 + Subjek + Objek + Predikat 2

Ga       Ik     morgen naar    School?
Pergi Saya     pagi     ke     sekolah?
Apakah saya pergi ke sekolah pada pagi hari?


Bagaimana teman-teman dalam membuat beberapa kalimat sederhana dalam bahasa Belanda? teman-teman dapat membuat kalimat sendiri dengan menggunakan rumus-rumus yang telah saya beritahu diatas. Jika dalam artikel diatas terdapat sebuah kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan meminta bantuan dari kalian untuk mengoreksi artikel saya dengan mengirimkan komentar perbaikan agar saya dapat memperbaiki kesalahan saya. Terima Kasih.


Bahasa Belanda Pelajaran 6 : Struktur Kalimat Sederhana Bahasa Belanda Pelajaran 6 : Struktur Kalimat Sederhana Reviewed by Fikri Haikal on February 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.