Tata Bahasa Korea : Penggunaan 는/은



Basasing - Hallo teman-teman bertemu kembali dengan saya sebagai pembawa materi bahasa asing. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai bahasa Korea terutama tentang penggunaan partikel 는/은. Kita mengawali pembelajaran awal bahasa Korea kita jika kalian sudah dapat memahami cara membaca dan menulis huruf hangeul. Oke teman-teman langsung saja kita menuju materi.

Partikel 는/은 menjelaskan mengenai TOPIK dalam sebuah kalimat. Dalam sebuah kalimat pasti ada yang melakukan tindakan terhadap sesuatu atau dikenal dengan pelaku utama. Saya akan memberi contoh kalimat dalam bahasa Indonesia seperti: 

Saya makan nasi.

Dalam contoh kalimat diatas terdapat pelaku utama dalam sebuah kalimat yaitu "Saya" dan jika saya terjemahkan kedalam bahasa Korea adalah:

    밥          을      먹습니다.
S  TOP NASI    PAR   MAKAN

Teman-teman harus mengenal terlebih dahulu siapa pelaku dalam tindakan tersebut. Jika dalam bahasa Indonesia tidak memiliki penggunaan partikel lain halnya dengan bahasa Korea yang memiliki beberapa partikel. Namun teman-teman tidak perlu khawatir karena semua bisa karena biasa. Oke kita lanjut pembahasannya. Jika teman-teman merasa bingung, teman-teman dapat membuat beberapa contoh menggunakan bahasa Indonesia dan mengenali siapa topik utama dalam kalimat. Atau saya permudah penjelasannya, jika dalam bahasa Indonesia kita mengenal struktur kalimat bahasa Indonesia adalah S + P + O, maka teman-teman menaruh partikel 는/은 setelah subjek. Kita mengetahui bahwa bahasa korea memiliki struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia namun dalam hal ini teman-teman dapat menggunakan metode yang tadi S + 는/은+ P + O hanya sebagai latihan semata. Kemudian teman-teman mengaplikasikannya kedalam bahasa Korea yaitu S + 는/은 + P. 

RUMUS

Akhiran Vokal + 는
Akhira Konsonan + 은

Contoh

우리는 학생입니다.
Kita adalah seorang murid.

니미 씨 는 내 친구 이예요.
Nimi adalah teman saya.

나는인도네시아사람입니다.
Saya orang Indonesia.

Bagaimana teman-teman? mudah bukan untuk mempelajari salah satu penggunaan partikel dalam bahasa Korea. Teman-teman harus berlatih dengan membuat kalimat-kalimat sederhana dengan menggunakan 는/은. Jika dalam penulisan artikel ini terdapat kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk selalu memberikan komentar yang membangun demi kesuksesan pembelajaran dalam blog ini. Akhir kata sekian dan terima kasih.


Tata Bahasa Korea : Penggunaan 는/은 Tata Bahasa Korea : Penggunaan 는/은 Reviewed by Fikri Haikal on February 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.