Tata Bahasa Korea 은 (ㄴ) 적이있다/없다 (pernah/tidak pernah)



Basasing - Hallo teman-teman sahabat bahasa asing bertemu kembali dengan saya sebagai pembawa materi kali ini. Sebelumnya saya meminta maaf teman-teman karena jarang menulis sebuah artikel tapi saya berusaha sebisa mungkin untuk menulis artikel bahasa. So, teman-teman kali ini kita akan mempelajari bahasa Korea lagi. Oke teman-teman tolong disimak baik-baik ya!

Kali ini kita akan belajar mengenai penggunaant tata bahasa 은 (ㄴ) 적이있다/없다. Penggunaan tata bahasa ini adalah kita pernah atau tidak pernah melakukan sesuatu atau dengan kata lain kita dapat mengartikan ini sebagai subjek pernah melakukan kata kerja. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, pola penggunaan tata bahasa ini adalah "saya/subjek pernah....." atau "saya belum pernah...". Oke teman-teman sekarang kita lanjut perihal rumusnya.

Rumus

Sangat mudah teman-teman.
Kalau kata kerja akhiran konsonan 은 적이있다/없다
Kalau kata kerja akhiran vokal ㄴ적이있다/없다

Contoh Kalimat

나는 일본에 여행한 적이 있습니다.
Saya pernah liburan ke Jepang.

나는 일본에여행한 적이 없습니다.
Saya belum pernah liburan ke Jepang.

전 피자를 먹은적이없어요.
Saya belum pernah makan piza.

전 피자를 먹은적이있어요.
Saya sudah pernah makan piza.

나는 비행기로 여행 한 적이 없습니다.
Saya belum pernah jalan-jalan menggunakan pesawat.

나는 그 게임이 진 적이 없습니다.
Saya belum pernah kalah dalam game itu.

전 한복을 입은 적이 없어.
Saya tidak pernah memakai Hanbok.

Kosakata Baru

입다 : memakai.
한복 : Hanbok, baju khas korea.
여행 : jalan-jalan.
데이트를하다 : berkencan.
멀다 : jauh.
시청 : balai kota.
받다 : menerima.
빌리다 : meminjam.
빌려줍니다 : memberikan pinjaman.
출구 : pintu keluar.

Bagaimana teman-teman sudah mulai paham mengenai penggunaan 은 (ㄴ) 적이있다/없다? teman-teman harus sering berlatih di rumah agar dapat mengasah kemampuan bahasa asing teman-teman. Teman-teman harus membuat sebuah kalimat menggunakan tata bahasa ini agar terus mengingatnya. Jika dalam artikel terdapat kesalahan, saya sebagai penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel ini membantu teman-teman. Terima kasih.



Tata Bahasa Korea 은 (ㄴ) 적이있다/없다 (pernah/tidak pernah) Tata Bahasa Korea 은 (ㄴ) 적이있다/없다 (pernah/tidak pernah) Reviewed by Fikri Haikal on April 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.