Pengenalan Bahasa Portugis



Basasing - Hallo teman-teman bahasa, bagaimana dengan belajar bahasa asingnya? Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas mengenai tata bahasa melainkan saya akan membagikan info mengenai bahasa Portugis. Selagi saya juga sedang mempelajari bahasa ini, tidak ada salahnya juga saya membagikan informasi mengenai bahasa Portugis.

Bahasa Portugis adalah salah satu bahasa roman yang dituturkan oleh kurang-lebih 270juta-280juta di seluruh dunia. Bahasa portugis digunakan paling banyak di daerah Amerika Selatan terutama di Brazil. Teman-teman yang ingin berkunjung ke Brazil tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa ini. Negara-negara yang menuturkan bahasa Portugis ini adalah Portugal, Brazil, Angola, Guinea Khatulistiwa, Mozambik, Tanjung Verde dan Timor Leste. Perkembangan bahasa Portugis ini juga dipengaruhi dengan penjelajahan bangsa portugis pada abad 15 teman-teman. Jika teman-teman sudah memiliki dasar bahasa Spanyol, menurut saya sedikit mudah untuk mempelajari bahasa ini.

Selain itu bahasa Portugis juga mempengaruhi bahasa Indonesia loh teman-teman. Beberapa kosakata bahasa Portugis yang diserap oleh bahasa Indonesia adalah;
garfo = garpu
menteiga = mentega 
banco = bangku
bandeira = bendera
queijo = keji

Sama seperti rumpun bahasa Roman lainnya yaitu bahasa portugis juga memiliki beberapa gender. Gender tersebut adalah penggunaan akhir -o untuk masculine dan -a untuk feminin. Contohnya seperti;
Menino = anak laki-laki
Menina = anak perempuan

Bagaimana teman-teman, itu dia sedikit info mengenai bahasa Portugis. Terima kasih telah membaca di blog basasing semoga ilmunya dapat bermanfaat.


Sumber:
https://id.wiktionary.org/wiki/Wiktionary:ProyekWiki_bahasa_Indonesia/Daftar_kata/Serapan/Portugis
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Portugis
http://laboratoriumbahasa.asia/8-fakta-bahasa-portugis/

Pengenalan Bahasa Portugis Pengenalan Bahasa Portugis Reviewed by Fikri Haikal on May 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.