Tata Bahasa Jepang: ことだし Karena, Alasannya



Basasing - Hallo sahabat teman-teman bahasa asing bertemu kembali dengan saya sebagai pembawa materi. Bagaimana dengan teman-teman yang mempelajari bahasa Jepang sejauh ini? tentu semakin seru bukan karena teman-teman sudah banyak belajar mengenai tata bahasa Jepang. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi mengenai penggunaan ことだし. Ketika saya melusuri lebih lanjut mengenai tata bahasa ini, ternyata tata bahasa ini berada diantara level N2-N1. Oke teman-teman langsung saja disimak pembahasannya.

Penggunaan ことだし merupakan sebuah ungkapan dimana penutur melakukan sesuatu karena adanya alasan, harapan, keinginan atau keputusan yang telah dibuatnya. Terdapat dua kalimat dan kita anggap kalimat pertama adalah alasan sedangkan kalimat kedua adalah apa yang selanjutnya ia lakukan. Penggunaan ことだし adalah untuk menyambungkan kedua kalimat tersebut. Dapat diartikan sebagai "karena", "alasannya adalah".

Contoh

Kalimat 1 : 雨が降った   : hujan turun
Kalimat 2 :出かけません :tidak kemana-mana, tidak keluar 

Jika kita menggunakan tata bahasa ことだし maka
雨が降った ことだし ,出かけません.
karena hujan turun, saya tidak bisa keluar

Bagaimana teman-teman sudah mulai memahami dengan konjugasi ことだし,mudah bukan?
Ayo kita buat beberapa contoh kalimat yang menggunakan ことだし.

例文


母が入院していることだし、この授業を欠席している。
Karena ibu saya masuk rumah sakit, saya tidak bisa hadir kuliah.

この地域が危険のことだし、みんなが避難されます。
karena tempat ini berbahaya, semuanya masyakarat dievakuasi dari sini.

このゲームが有名なゲームのことだし、今年にそのゲームの販売が上がている。
karena game ini sangat populer, penjualan game pada tahun ini meningkat.

彼女と3か月に離れたことだし、今できることをやとうとしよう、輝く未来を眺めるはずだ.
Karena saya telah berpisah dengannya selama 3 bulan, sekarang saya melakukan apa yang saya dapat lakukan dan menatap masa depan yang bersinar/berkilau.

日本で働くことを相談したことだし、卒業する前にビザ許可を申請する。
karena saya sudah berkonsultasi mengenai bekerja di Jepang, sebelum lulus, saya mengajukan permohonan visa.


Bagaimana teman-teman, mudah bukan? teman-teman dapat mempelajari dan membuat contoh kalimat teman-teman. Jangan lupa untuk memberikan komentar teman-teman agar dapat membangun blog ini. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan artikel ini, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.





Tata Bahasa Jepang: ことだし Karena, Alasannya Tata Bahasa Jepang: ことだし Karena, Alasannya Reviewed by Fikri Haikal on May 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.