Tata Bahasa Korea 는동안 : Sementara,Selagi



Basasing - Halo teman-teman sahabat bahasa asing bertemu kembali dengan saya sebagai pembawa materi bahasa. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tata bahasa Korea yang tentunya sudah kalian tunggu-tunggu. Yuk teman-teman kita langsung saja memulai pelajarannya.

Artikel kali ini saya akan membahas mengenai penggunaan dan bagaimana cara menggunakan tata bahasa 는동안. Teman-teman, dalam bahasa Indonesia juga kita mengenal dengan istilah kata sambung,bukan? nah, ini merupakan salah satu kata sambung dalam bahasa Korea. Contoh kasus yang sering kita temui seperti dalam bahasa Indonesia adalah sementara begini saya begini. Yuk teman-teman langsung saja kita ke materi.

Rumus

Kata Kerja + 는동안
Kata Benda + 동안

Kosakata Baru

기다리다 : menunggu
튀기다 : menggoreng
썰다 : memotong
끓다 : merebus. mendidihkan
넣다 : meletakkan, memasukkan

Contoh Kalimat

버스 정류장에서 너를 기다리는 동안 나는 게임을해요.
Selagi menunggu kamu di halte, saya bermain game.

닭고기를 튀기는 동안, 야채를 썰어요.
Sementara/selagi menggoreng ayam, saya memotong sayuran.

편지에서 응답을 기다리는 동안, 나는 새 편지를 썼다..
Sementara saya menunggu surat balasan dari kamu, saya menulis surat baru.

엄마가 가는동안 저는집에 있습니다.
Sementara ibuku pergi, saya berada di rumah.

물을 끓는 동안 후라이팬에 기름을 넣어요.
Sementara/selagi  kita merebus air hingga mendidih, kita masukan minyak goren ke penggorengan.

Bagaimana teman-teman mudah bukan untuk mempelajari tata bahasa baru ini? Teman-teman dapat membuat kalimat dengan menggunakan 는동안. Teman-teman juga dapat membagikan kalimat yang teman-teman buat ke blog ini agar lebih banyak contoh yang masuk, maka dapat meningkatkan pula teman-teman lain yang sedang belajar bahasa Korea. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, maka saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar mengenai perbaikannya. Terima Kasih.

Sumber : 
https://www.koreantopik.com/2018/01/l1g26-n-v-grammar-duringfor-n-while-v.html

Tata Bahasa Korea 는동안 : Sementara,Selagi Tata Bahasa Korea 는동안 : Sementara,Selagi Reviewed by Fikri Haikal on May 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.