Tata Bahasa Korea (으)ㄴ지(Waktu) 되다 : Telah/Sudah... Sekitar....Yang Lalu



Basasing - Halo sahabat bahasa asing bertemu kembali. Bagaimana dengan belajar Korea yang semakin kesini semakin seru? mungkin sulit ya teman-teman namun percayalah pasti seru. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tata bahasa Korea. Disimak baik-baik teman-teman.

Artikel ini membahas mengenai penggunaan tata bahasa (으) ㄴ지 (Waktu) 되다. Penggunaan tata bahasa ini adalah kegiatan yang telah berlangsung pada masa lampau kemudian menceritakannya kembali namun ditambahi dengan durasi waktu. Jadi teman-teman mengutarakan bahwa teman-teman telah melakukan sesuatu sesuai kata kerja dengan adanya jarak interval waktu. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, saya mengartikan penggunaan tata bahasa ini adalah "Telah.... Sekitar....yang lalu". Misalnya saya beri contoh kedalam bahasa Indonesia saya telah belajar di Universitas sejak dua tahun laluNah kita akan mencoba untuk mengubah kalimat yang saya berikan sebelumnya kedalam bahasa Korea. 

Rumus

Kata Kerja Akhiran Konsonan 으 + 지 되다
Kata Kerja Akhiran Vokal +ㄴ지 되다
*Jika ada kata kerja konsonan akhiran ㄹ, maka diubah menjadi ㄴ contohnya 살다 menjadi 산

Kosakata Baru

졸업하다 : Wisuda
졸업생 : Wisudawan
결혼하다 : Menikah
이혼하다 : Bercerai
사업 : Usaha 
독립하다 : Untuk Menjadi Mandiri
자기 : Diri Sendiri
취직 : Pekerjaan
면접 : Wawancara

Contoh Kalimat

나는 결혼한지5년쯤 됐어요.
Saya sudah menikah sekitar 5 tahun yang lalu.

인도네시아 대학 졸업한지 벌써 두 년됐어요
Saya sudah lulus dari UI sejak dua tahun yang lalu.

삼성 회사 에서 다닌지 삼년이됐어요.
Saya telah 3 tahun bekerja di Perusahaan Samsung.

사업을 시작한지 5달 이 됐어요.
Sudah 5 bulan sejak saya memulai bisnis saya.

그 사람은 아내와이혼한지 2년 쯤 됐어요.
Sudah dua tahun sejak dia menceraikan istrinya.

Bagaimana teman-teman sudah mulai paham dengan penggunaan tata bahasa (으)ㄴ지 되다? teman-teman diharapkan membuat kalimat masing-masing untuk lebih memahami tata bahasa kali ini. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan jawaban yang benar. Sekian dan terima kasih.

Sumber:
http://www.koreanwikiproject.com/wiki/(%EC%9C%BC)%E3%84%B4_%EC%A7%80_N_%EB%90%98%EB%8B%A4

Tata Bahasa Korea (으)ㄴ지(Waktu) 되다 : Telah/Sudah... Sekitar....Yang Lalu Tata Bahasa Korea (으)ㄴ지(Waktu) 되다 : Telah/Sudah... Sekitar....Yang Lalu Reviewed by Fikri Haikal on May 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.