Bahasa Portugis : Mengubah Kata Sifat Sesuai Dengan Gender



Basasing - Hallo sahabat bahasa asing, bagaimana kabarnya mengenai pembelajaran bahasa Portugis, tentu semakin menarik bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perubahan kata sifat sesuai dengan gender kata benda. Yuk kita simak pelajaran kali ini.

Seperti yang kita tahu bahwa portugis mengenal dua gender yaitu maskulin dan feminin. Sesuai dengan gendernya masing-masing, kata sifat juga berubah mengikuti gender dalam kata benda tersebut. Hal yang perlu dilakukan teman-teman adalah mengingat kata benda tersebut termasuk feminin atau maskulin. Berikut ini adalah perubahan kata sifat branco (putih).

Putih = Branco
Maskulin
Feminin
Branco
Branca
Jadi jika maskulin kita mengubah ke bentuk "-o" sedangkan bentuk feminin "-a". Jika terjadi kata benda yang berbentuk plural, anda hanya perlu menambahkan "-s". 
Ada pula bentuk dual dimana dalam setiap kata sifat berakhiran -e, dan itu tidak perlu diubah sesuai dengan gender kata benda.
Hal ini sangat penting karena dalam bahasa Indonesia sendiri contohnya adalah mobil (yang) menarik, rumah merah. Dalam bahasa Portugis juga memiliki bentuknya sendiri dalam kata sifat yang tergabung menjadi suatu keterangan dalam kata benda.

Rumus

Kata Benda + Kata Sifat

Kata Sifat

Interessante = Menarik
Chato = Membosankan
Famoso = Terkenal
Popular = Populer
Rico = Kaya
Pobre = Miskin
Feio = Jelek
Rápido = Cepat
Lento = Lambat
Direito = Benar, Kanan
Bonito = Cantik
Linda = Indah
Bom = Bagus
Difícil = Susah
Fácil = Mudah

Contoh

um bom carro.
Sebuah mobil yang bagus.

aquilo é um família rica .
Itu adalah sebuah keluarga yang kaya.

Eu ouvi uma musica famosa.
Saya mendengarkan lagu yang terkenal.

Eu estava dirigindo rápido.
Saya mengendarai mobil yang cepat.

você está vestindo uma camisa vermelha.
Kamu memakai baju merah

Bagaimana teman-teman mudah bukan untuk menerapkan pembelajaran pada kali ini. Saya harap teman-teman dapat membuat beberapa contoh pada artikel kali ini. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar perbaikan untuk saya perbaiki. Sekian dan terima kasih.


Bahasa Portugis : Mengubah Kata Sifat Sesuai Dengan Gender Bahasa Portugis : Mengubah Kata Sifat Sesuai Dengan Gender Reviewed by Fikri Haikal on August 06, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.