Tata Bahasa Korea : 네요



Basasing - Halo sahabat bahasa asing bagaimana kabarnya? tentu teman-teman masih semangat mempelajari bahasa asing bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tata bahasa Korea. Tata bahasa yang dibahas pada kali artikel ini adalah 네요. Yuk teman-teman disimak baik-baik!

Tata bahasa 네요 merupakan akhiran yang biasa digunakan pada akhiran kalimat. Sebelumnya banyak sekali akhiran-akhiran dalam bahasa Korea salah satunya adalah penggunaan 네요. Penggunaan 네요 merupakan sebuah ungkapan dari pembicara yang merasa terkejut, kesan atas sesuatu. 

Rumus

A/V + 네요

Contoh Kalimat

1. 도니씨는이 게임을 잘 할 수 있어.
Toni bisa bermain game ini.
2. 도니씨는이 게임을 잘 할 수 있네요.
(Saya terkejut) Toni dapat memainkan game ini.

Penjelasan:
Pada kalimat pertama si penutur mengungkapkan bahwa Toni bisa bermain game ini, sedangkan kaliamt kedua si penutur mengungkapkan kesan atau terkejut karena ternyata si Toni bisa memainkan game.

3. 이 음식은 맛있어요
Makanan ini enak.
4. 이 음식은 맛있네요
Makanan ini enak.

Penjelasan:
Kalimat ketiga menjelaskan bahwa makanan ini enak karena mungkin si penutur sudah mengetahui rasa atau sudah mengetahui rasa makanan tersebut sedangkan kalimat keempat merupakan ini pertama kalinya si penutur memakan makanan tersebut.

5. 휴일이지만 미나는 매우 부지런하네요.
Padahal hari libur, (saya terkejut bahwa)Mina sangat rajin.

6. 많은 돈이 있어도 그는 여전히 행복하지 않네요.
Meskipun banyak uang, dia tetap tidak bahagia.

7. 책이 얇더라도, 값이 비싸네요
Meskipun buku itu tipis, harganya mahal.

Kosakata

휴일 = Hari Libur
부지런하다 = Rajin
여전히 = Masih
얇다 = Tipis
두껍다 = Tebal

Bagaimana teman-teman untuk pelajaran bahasa Korea kali ini? Teman-teman dapat membuat kalimat menggunakan tata bahasa yang menggunakan 네요 agar teman-teman dapat terlatih. Jikalau dalam artikel ini terdapat kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar agar kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam blog dapat segera diperbaiki. Terima kasih.



Sumber:
Tata Bahasa Korea : 네요 Tata Bahasa Korea : 네요 Reviewed by Fikri Haikal on August 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.