Cara Menulis Hangeul Korea Bagi Pemula Lengkap


Basasing - Hallo teman-teman sahabat bahasa asing, bagaimana kabarnya? tentu saya harap bahwa teman-teman masih semangat dalam mempelajari bahasa. Kali ini saya akan memberikan materi fundamental bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Korea yaitu penulisan Hangeul.

Teman-teman sudah tahu bukan kalau sistem penulisan dalam bahasa Korea berbeda dengan bahasa asing lainnya dimana salah satu yang bisa kita jumpai adalah aksara yang digunakan dalam bahasa Korea adalah Hangeul. Sudah menjadi keharusan bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa Korea untuk bisa membaca Hangul. Oke, untuk itu teman-teman simak baik-baik ya materi kali ini.

Huruf Hangeul   terdiri dari 6 vokal dasar dan 15 vokal yang mengalami perluasan dimana huruf vokal ini mengalami perluasan dari huruf vokal dasar. Berikut ini adalah tabel huruf vokal dasar bahasa korea:

Tabel Huruf Vokal Bahasa Korea

Hangeul
Cara Baca
Contoh Kosakata
a
Apel
i
Ikan
u
Ular
eo

o
Oli
euBelajar, Jeung (Sunda)

Vokal Perluasan
e
Ekor
ya
iya
yeo
Yawn (Inggris)
yu
Ayu
yo
Ayo


Ingat ya teman-teman vokal dasar tidak bisa berdiri sendiri dan harus memiliki teman yaitu hangeul Batchim "ㅇ". Contohnya begini teman-teman:


Hangeul
Tambahan ㅇ
Cara Baca
Contoh Kosakata
a
Apel
i
Ikan
u
Ular
e
Ekor
o
Oli
eo

ya
iya
yeo
Yawn (Inggris)
yu
Ayu
yo
Ayo
eu
Belajar, Jeung (Sunda)


Tabel Huruf Konsonan Korea


Huruf Konsonan
Cara Baca
Bunyi
기역
G,K
나은
N,N
비읍
B,P
지읒
J,C
디귿
D,T
시읏
S,T
마음
M.M
이응
-,NG
리을
R,L
히읗
H
키읔
Kh (pakai udara) 
(aspirasi)
타읕
Th (pakai udara)
(aspirasi)
치읓
C (pakai udara)
(aspirasi)
피읖
P (pakai udara)
(aspirasi)

Pertanyaan selanjutnya dari teman-teman adalah kenapa bisa dua cara baca padahal hangeulnya sama?Kapan harus dibaca ini dan kapan harus dibaca itu? 

Simak baik-baik penjelasan ini ya teman-teman!

Saya ambil satu kasus dari atas berupa 시읏 (ㅅ), Jadi ini dibaca Si-eut. Kalau posisi huruf konsonan diatas maka dibaca s sedangkan jika huruf konsonan ㅅ dibawah maka dibaca t. Saya memberikan contoh lagi kepada teman-teman.

사 dibaca SA = EMPAT. 
옷 dibaca OT = BAJU.
사람 dibaca SA-RAM = ORANG.
것 dibaca GOT = SESUATU.

Begitu juga dengan semua huruf konsonan diatas ya teman-teman, jika mereka berada diatas maka dibaca yang pertama sedangkan jika mereka berada dibawah maka dibaca dengan cara baca yang kedua. Kemudian huruf ㅇ jika diletakkan disamping atau diatas tidak dibaca ya contohnya seperti materi penggunaan huruf vokal namun jika huruf ini berada dibawah maka harus dibaca "ng" contohnya 이랑 dimana huruf ini tidak dibaca pada suku kata "i" dan dibaca "ng" pada "rang". Maksud dari penggunaan aspirasi disini adalah teman-teman ketika menggunakan tersebut harus mengeluarkan udara. Coba teman-teman ucapkan vokal Thailand namun usahakan pelafalan "th" dalam kata ini harus menggunakan udara.

Ingat : Huruf vokal ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ selalu dibawah huruf konsonan seperti 소,쇼,
Kemudian kita berlanjut kepada vokal perluasan. Berikut ini adalah tabel vokal perluasan.

Vokal Perluasan



Huruf Vokal Gabungan
Cara Baca
ae
yae
ye
we
wa
wae
wi
wo
we
eui*
e
Ekor
ya
iya
yeo
Yawn (Inggris)
yu
Ayu
yo
Ayo

 

Penting: Huruf ᅴ sebenarnya memiliki tiga pengucapan yaitu eui, i, dan e tergantung letaknya. Jika diletakkan diawal suku kata maka dibaca eui, jika ditengah maka dibaca i dan bila dikaitkan sebagai kata penanda kepemilikan maka dibaca e.
Contoh kosakata:
1. 왜? wae = mengapa.
2. 개 gae = anjing.
3. 코끼리 khokkiri = gajah.

Bagaimana teman-teman sudah mulai paham vokal dasar dalam bahasa korea? Oh iya pasti teman-teman menanyakan kapan kita harus menggunakan hangeul "ㅇ"? Jadi begini teman-teman dalam penulisan huruf korean itu berdasarkan suku kata, contoh mudahnya adalah negara kita yaitu Indonesia. Jika kita membuat Indonesia menjadi suku kata menjadi In-do-ne-si-a. Nah dalam bahasa korea tidak ada huruf vokal yang bediri sendiri dalam sebuah kata. Pusing ya teman-teman? yuk kita lihat contohnya dibawah ini.

Maaf ya teman-teman sedikit maju pelajarannya. Jadi penulisan kosakata Indonesia dalam bahasa Korea adalah 인도네시아, coba teman-teman perhatikan pada huruf hangeul yang saya bulatkan berwarna merah. Jika dipisah menjadi suku kata maka akan menjadi seperti ini인(in)도(do)네(ne)시(si)아(a), namun jika teman teman membuat tulisan indonesia menjadi seperti ini "인도네시ㅏ", maka teman-teman salah.

Sudah mendapatkan benang merah teman-teman? saya kasih contoh lagi ya.
1. Uyu, jawaban benar 우유 jawaban salah ㅜㅠ,우ㅠ,ㅜ유
2. Ai, jawaban benar 아이 jawaban salah ㅏㅣ,아ㅣ,ㅏ이
3. I, jawaban benar 이 jawaban salah ㅣ

Pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuat satu kosakata menjadi suku kata.
 Ketika saya belajar bahasa Korea setiap hangeul vokal dalam bahasa Korea tidak boleh sendiri dan harus memiliki pasangannya yaitu ㅇ Seperti contoh kasus diatas teman-teman misalnya suku katanya adalah A, namun teman-teman tidak boleh menulisnya ㅏ melainkan harus ada temannya yaitu ㅇmenjadi 아. Kita ke materi berikutnya yaitu huruf konsonan bahasa korea

Penting juga teman-teman huruf  ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ berada dibawah hurufㅇ, coba teman-teman perhatikan lagi contohnya!.

Sekarang tugas teman-teman adalah membuat kosakata yang menggunakan vokal!

Tulislah cara baca dari hangeul dibawah ini!

1. 아요

2. 왜요

3. 우이

4. 야유

5. 이요우여

Tulislah hangeul dari kata dibawah ini!

1. a - yu

2. o - u - i - a

3. ye - yo - yu

4. wae - yu - a

5. yeo - a - yu

Dikerjakan ya teman-teman!


Sekarang kita lanjut kepada materi berikutnya yaitu konsonan kembar. Berikut ini adalah tabel dari konsonan kembar yang ada di bahasa Korea.

Huruf Konsonan Kembar


Huruf Konsonan Kembar
Cara Baca
kk
pp
cc
ss
tt
Contoh beberapa penulisan yang menggunakan huruf konsonan kembar:
바쁘다 : Ba-ppeu-da.
코끼리 kho-kki-ri.

Selanjutnya adalah materi mengenai konsonan akhir. Harusnya teman-teman sudah menganggap bahwa materi ini sudah selesai, namun tidak apa-apa jika saya mengulang mengenai pengucapan konsonan akhir.

Tabel Huruf Konsonan Akhir


Huruf Konsonan Akhir
Cara Baca
ㄱㄲㅋ
k
n
ㄷㅅㅈㅊㅌㅎㅆ
t
l
m
ㅂㅍ
p
ng

 방 = bang = kamar
사람 = saram = orang

Akhirnya materi pengenalan Hangeul sudah selesai teman-teman dan sekarang teman-teman sudah mengerti caara baca hangeul. Tapi materi selanjutnya adalah pembentukan pola suku kata di bahasa Korea. Langsung saja kita ke rumusnya:

-K = Konsonan
-V = Vokal

Pembentukan Pola Suku Kata


1.

Selain huruf vokal ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ , huruf vokal lainnya berada disamping kanan huruf konsonan.

K
V
Contohnya:
ㄱ + ㅏ =  가
ㅂ+ㅣ= 비
2.
Ingat : Huruf vokal ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ selalu dibawah huruf konsonan seperti 소,쇼,

K
V
Contohnya:
ㅅ + ㅜ = 수
ㄱ + ㅗ = 고

3. 


K
V
K
Dari sebelumnya teman-teman sering melihat bukan bahwa ada konsonan yang letaknya dibawah seperti 사"람" dimana ada huruf M diletakkan dibawah. Sama seperti sebelumnya teman-teman jika huruf vokal yang dimaksud disini adalah huruf vokal selain ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ .

Contohnya :
ㄹ + ㅏ + ㅁ = 람.
ㄱ + ㅏ + ㅇ = 강.
ㅌ + ㅏ + ㄱ = 탁.

4.

K
V
K
Nah kalau yang satu ini teman-teman juga sudah tidak asing lagi yaitu huruf vokal ㅜ,ㅗ,ㅠ,ㅛ,ㅡ.

Contohnya:
ㄱ + ㅜ + ㄱ = 국
ㅇ + ㅗ + ㅅ = 옷

5.

Teman-teman masih ingat dengan vokal gabungan? ini dia rumusnya!

K
V



Contohnya
ㅇ + ᅫ = 왜

6. 

K
V



K
Contohnya:
ㄱ + ᅪ + ㄴ = 관

Akhirnya selesai juga materi pengajaran Hangeul bagi pemula. Teman-teman diharapkan untuk berlatih terus agar lancar menulis hangeul. Meskipun terbata-bata itu lebih bagus daripada tidak pernah mencoba sama sekali. Jika didalam artikel ini terdapat kesalahan saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk kirimkan komentar perbaikan karena kita semua disini juga sedang belajar. Akhir kata sampai jumpa lagi dan Terima kasih telah berkunjung di blog basasing.
Cara Menulis Hangeul Korea Bagi Pemula Lengkap Cara Menulis Hangeul Korea Bagi Pemula Lengkap Reviewed by Fikri Haikal on February 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.