Tata Bahasa Jepang N2 末, 末に, Sai, Sai ni, Setelah... Akhirnya.....



Basasing - Hallo teman-teman sahabat kembali lagi bersama blog basasing yang membahas berbagai bahasa asing. Bagaimana kabarnya teman-teman? Saya berharap teman-teman masih semangat untuk mempelajari bahasa asing. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tata bahasa Jepang. Yuk disimak baik-baik!

Tata bahasa Jepang kali ini adalah 末, 末に, sai, sai ni. Tata bahasa yang akan kita bahas berada diantara level N3/N2. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, tata bahasa 末, 末に, sai, sai ni dapat diartikan sebagai "setelah..... akhirnya.......". Oke teman-teman langsung saja kita simak bagaimana rumus-rumus dalam membuat tata bahasa kali ini.

Rumus

た形容詞 + 末に、末、末の
名刺 + の + 末に、末、末の

例文

ながい長い話した末に、私は日本で働かないことにした。
Setelah perbincangah yang lama, akhirnya saya memutuskan untuk tidak bekerja di Jepang.

社長に相談した末に、来月に出張させます。
Setelah berdiskusi dengan Bos, akhirnya saya disuruh pergi untuk urusan bisnis pada bulan depan.

長い結論のすえ彼らは1つの計画を述べた。
Setelah berdebat lama, akhirnya dia menyampaikan salah satu rencana.

二ヶ月ぐらい入院した末、この頃彼らは回復して明日退院すします。
Setelah dirawat selama kurang lebih dua bulan, akhirnya belum lama ini dia mulai sembuh dan besok akan meninggalkan rumah sakit.

彼は時間がかかてよく考えた末に、私の結婚申し込みを受けた。
Setelah dia membutuhkan waktu untuk memikirkan dengan baik, akhirnya dia menerima lamaranku.

一年間お金を稼いだ末に、新しいスマホを手に入れた。
Kurang lebih satu tahun saya mengumpulkan uang, akhirnya saya mendapatkan HP baru.



Oke, itu dia tata bahasa Jepang kali ini. Teman-teman diharapkan membuat beberapa kalimat dengan menggunakan tata bahasa yang sudah dipelajari kali ini. Jika dalam artikel ini terdapat sebuah kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar perbaikan agar membantu teman-teman lainnya yang sedang belajar. Akhir kata sampai jumpa dan bertemu kembali pada artikel berikutnya.

Sumber : 
Nihongo Sou Matome N2

Tata Bahasa Jepang N2 末, 末に, Sai, Sai ni, Setelah... Akhirnya..... Tata Bahasa Jepang N2 末, 末に, Sai, Sai ni,  Setelah... Akhirnya..... Reviewed by Fikri Haikal on February 23, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.