Tata Bahasa Jepang っぱなし Ppanashi



Basasing - Hallo teman-teman sahabat kembali lagi bersama blog basasing yang membahas materi belajar bahasa asing. Bagaimana kabarnya teman-teman? Saya berharap teman-teman masih semangat untuk mempelajari bahasa asing. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tata bahasa Jepang. Yuk disimak baik-baik!

Tata bahasa Jepang kali ini adalah っぱなし, ppanashi. Saya tidak mengetahui tata bahasa ini level berapa karena dari berbagai sumber yang saya kumpulkan, mereka menempatkan ini baik itu pada level N3/N2/N1. Daripada susah, lebih baik saya kategorikan tata bahasa ini sekaligus kedalam tiga label tersebut. Oke teman-teman Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, tata bahasa  っぱなし ppanashi dapat diartikan sebagai "terus-terusan..." "terus-menerus....", "tetap....", "membiarkan terus menerus....".  Tapi jika teman-teman memiliki padanan arti yang cocok, silahkan tambahkan di kolom komentar. Tata bahasa ini mengandung makna negatif teman-teman, jadi jika teman-teman menggunakan tata bahasa ini pada tata bahasa yang mengandung positif, secara tata bahasa benar namun secara imi itu salah. Oke teman-teman langsung saja kita simak bagaimana rumus-rumus dalam membuat tata bahasa kali ini.

Rumus


動詞ます + っぱなし


例文


電車が混んでいて、東京までたちっぱなしだった。(Nihongo Soumatome:55)
Kereta sangat padat sehingga saya terus-menerus berdiri sampai Tokyo.

私は記事に書いてあるによって、「明かりをつけっぱなしで寝てはいけない」と言われた。
Berdasarkan artikel yang ditulis dikatakan bahwa "jangan tidur dengan kondisi lampu yang terus-menerus menyala".

彼はエアコンをつけっぱなしで出かけた。それはエネルギーの無駄ではないですか?
Dia keluar dengan membiarkan AC menyala. Bukankah itu pemborosan?

桃太郎君部屋を散らかしっぱなしに遊びに行った。
Momotaro pergi bermain dengan meninggalkan kamarnya yang tetap/masih berantakan.

昨夜ケーキを開けっ放しで今朝は古くなった。
Kemarin malam, kue dibiarkan terus-menerus dibuka sehingga pagi ini menjadi basi.

妹はイヤホンで音楽を聞きっぱなしで寝てしまった。
Adik perempuan saya tertidur sambil mendengarkan musik dengan earphone.

長い間電池を充電しっぱなしにするな。
Jangan membiarkan mengisi baterai dalam waktu yang lama.

Oke, itu dia tata bahasa Jepang kali ini. Teman-teman diharapkan membuat beberapa kalimat dengan menggunakan tata bahasa yang sudah dipelajari kali ini. Jika dalam artikel ini terdapat sebuah kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar perbaikan agar membantu teman-teman lainnya yang sedang belajar. Akhir kata sampai jumpa dan bertemu kembali pada artikel berikutnya.



Sumber:

Buku 

Nihongo Soumatome N2



Internet

https://www.bahasajepangbersama.com/2016/01/grammar-tata-bahasa-ppanashi.html

https://www.muchammadlutfihakim.com/2019/06/arti-tata-bahasa-jepang-ppanashi.html
Tata Bahasa Jepang っぱなし Ppanashi Tata Bahasa Jepang っぱなし Ppanashi Reviewed by Fikri Haikal on February 25, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.