Penggunaan さしあげる Dalam Bahasa Jepang


     Basasing - Hallo sobat bahasa asing bagaimana belajar bahasa Jepangnya? Tentunya masih semangat bukan. Semakin kesini pelajaran bahasa Jepang kita semakin bertambah. Sedikit info teman-teman pendaftaran pertama JLPT atau Ujian Kemampuan Bahasa Jepang tahun 2020 akan dibuka pada 17 maret 2020. Tentu hal ini menambah semangat teman-teman bahasa Jepang. Baiklah teman-teman kita langsung saja masuk ke materi kali ini.

     Pada artikel ini saya akan membahas mengenai penggunaan さしあげる dalam bahasa Jepang. Bentuk ini merupakan tindakan memberi sesuatu kepada seseorang yang lebih tinggi derajatnya dibandingkan kita. Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, さしあげる dapat diartikan sebagai "saya memberi...". Penggunaan tata bahasa ini biasanya digunakan kepada bos, pejabat tinggi, orang-orang terhormat. Intinya orang yang derajatnya lebih tinggi dari kita. Penting juga teman-teman, さしあげる tidak bisa digunakan kepada kakek, nenek, paman, adik atau sanak keluarga.  Penggunaan さしあげる juga tidak dituturkan secara langsung melainkan secara tidak langsung. Misalnya teman-teman memberikan hadiah kepada bos kantor, kemudian teman-teman membicarakan bahwa teman-teman telah memberikan hadiah kepada bos dengan rekan kerja teman-teman. Oke teman-teman kita langsung saja menuju rumusnya:

RUMUS

S  +  は  +  Penerima  +  に  +  Objek  +  を  +  さしあげました

例文

私は部長にインドネシア料理を作ってあげました。
Watashi wa buchō ni Indoneshia ryōri o tsukutte agemashita.
Saya membuat dan memberikan masakan Indonesia kepada Manajer.

先生にドーナツをさしあげました。
Sensei ni dōnatsu o sashiagemashita.
Saya memberikan donat kepada Sensei.

私たちは鈴木さんのおじいさんにお茶をさしあげました。
Watashitachiha Suzuki-san no ojīsan ni ocha o sashiagemashita.
Kami menyajikan teh untuk kakeknya Suzuki.

私は社長にインドネシアの食べ物を紹介して差し上げました。
Watashi wa shachō ni Indoneshia no tabemono o shōkai shite sashiagemashita.
Saya memperkenalkan makanan Indonesia  kepada Direktur.

一昨日、上司に年間の計画をさしあげました。
Ototoi, jōshi ni nenkan no keikaku o sashiagemashita
Saya memberi atasan saya rencana tahunan.


     Oke, itu dia tata bahasa Jepang kali ini. Teman-teman diharapkan membuat beberapa kalimat dengan menggunakan tata bahasa yang sudah dipelajari kali ini. Saya sangat bahagia jikalau teman-teman dapat membuat kalimat kemudian ditulis pada kolom komentar agar kita memiliki beragam contoh kalimat mengenai tata bahasa kali ini. Jika dalam artikel ini terdapat sebuah kesalahan, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar perbaikan agar membantu teman-teman lainnya yang sedang belajar. Akhir kata sampai jumpa dan bertemu kembali pada artikel berikutnya.
Penggunaan さしあげる Dalam Bahasa Jepang Penggunaan さしあげる Dalam Bahasa Jepang Reviewed by Fikri Haikal on March 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.