Penggunaan ㅂ니다/습니다 (bnida/seubnida) Dalam Bahasa Korea



Basasing - Halo teman-teman sobat basasing bertemu kembali. Pada kesempatan ini saya akan membahas tata bahasa Korea dasar yaitu ㅂ니다/ 습니다. Tata bahasa ini akan kalian jumpai ketika kalian mempelajari bahasa Korea dasar. Langsung saja kita ke pembahasannya!

Dalam bahasa Korea tata bahasa ini sering digunakan pada kata kerja. Penggunaan tata bahasa ini adalah bersifat formal atau sopan, jadi jika teman-teman berkunjung ke korea atau bercakap pertama kali dengan orang Korea, teman-teman dapat menggunakan tata bahasa ini. Untuk mengubah kalimat formal teman-teman melihat bagaimana bentuk kata kerjanya. Jadi kita harus mengubah kata kerja dalam bahasa Korea menjadi bentuk ㅂ니다/습니다. Nah , penggunaan ㅂ니다/습니다  juga ada rumusnya teman-teman. 

Rumus

Kata Kerja Akhiran Vokal + ㅂ니다
Kata Kerja Akhiran Konsonan + 습니다
Maksudnya begini teman-teman, untuk mengetahui kata kerja tersebut berakhiran vokal atau konsonan, teman-teman harus melihat kata kerja dasarnya. Misalnya minum dalam bahasa Korea adalah 마시다. Nah langkah selanjutnya adalah membuang 다 sehingga menyisakan 마시. Pada kata kerja 마시 memiliki akhiran vokal dapat kita lihat yaitu pertama tidak ada huruf konsonan pada 시 dan kedua yaitu jika kita  membuat kedalam alfabet maka 마시 dibaca ma-si. Begitu juga dengan kata kerja akhiran konsonan. Misalnya 먹다 yaitu makan. Pertama-tama teman-teman membuang 다. Kemudian melihat huruf yang tersisa yaitu 먹. Pada huruf yang tersisa terdapat huruf konsonan ㄱ dan meog. Sehingga dapat disimpulan kata kerja  먹다 merupakan kata kerja yang berakhiran konsonan. Ingat teman-teman, yang menjadi fokus adalah huruf akhir setelah huruf 다 dibuang.
 
Jika teman menemukan kata kerja akhiran ㄹ maka gunakan ㅂ니다 dengan membuang ㄹ
 

Contoh Kalimat 


1. 마시다 = Minum
저는 주스를 마 십니다.
Saya minum jus.

2. 읽다 = membaca
저는 신문을 읽습니다.
Saya membaca koran

3. 달리다 = berlari
저는 매주 토요일 공원에서 달립니다.
Saya berlari di taman setiap sabtu.

4. 가다 = pergi
여동생은 어머니와 슈퍼에 갑니다.
Adik perempuan saya pergi ke supermarket bersama ibu.

5. 열다 = membuka
아버지는 창문을 엽니 다.
Ayah membuka jendela.

6. 만들다 = membuat
우리는 한국 음식을 만듭니다.
Kami akan membuat makanan khas korea.

7. 닫다 = menutup
창문 을 닫습니다.
saya akan menutup jendela.

8. 찾다 = mencari   
저는 일본어 책을 찾습니다.
Saya mencari buku bahasa Jepang.

9. 켜다 = menyalakan
어머니는 TV를 켭니다. 
Ibu menyalakan TV.

10. 공부하다 = belajar
나는 한국어를 공부합니다.
Saya belajar bahasa Korea

Bagaimana teman-teman apakah sudah mengerti penggunaan ㅂ니다/습니다 (bnida/seubnida)? Teman-teman bisa membuat kalimat-kalimat lainnya dan kalau bisa teman-teman bisa membagikan hasilnya di kolom komentar. Jika dalam penulisan artikel ini terdapat kesalahan, saya sebagai penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar agar dapat kami perbaiki. Akhir kata terima kasih dan sampai jumpa.

Penggunaan ㅂ니다/습니다 (bnida/seubnida) Dalam Bahasa Korea Penggunaan ㅂ니다/습니다 (bnida/seubnida) Dalam Bahasa Korea Reviewed by Fikri Haikal on July 05, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.