Penggunaan Partikel 을/를 Dalam Bahasa Korea



Basasing.com - Halo teman-teman sahabat bahasa. Sebelumnya penulis telah banyak menulis tentang artikel-aritikel seputar bahasa Jerman dan pada konten ini penulis mencoba untuk mengisi konten bahasa Korea. Penggunaan partikel 을/를 merupakan salah satu komponen yang penting dalam mempelajari bahasa Korea. Teman-teman sudah mendapatkan partikel ini ketika pertama kali belajar bahasa Korea, bukan? Bagi teman-teman yang belajar secara otodidak atau mandiri perlu dijelaskan bagaimana penggunaan partikel 을/를 dalam bahasa Korea. Bagaimana cara penggunaannya? Yuk disimak baik-baik penjelasannya.

Penjelasan

    Partikel 을/를  merupakan partikel yang dilekatkan pada kata kerja dengan objeknya. Penulis akan memberi contoh dalam kasusnya dalam bahasa Indonesia yaitu "saya minum air". Pada contoh kalimat kita telah mengetahui pola kalimat bahasa sederhana Indonesia yaitu SPOK atau subjek, predikat, objek dan keterangan. Nah kita akan memasukan partikel 을/를 pada kalimat "saya minum air". Apakah teman-teman sudah tahu partikel 을/를  diletakkan dimana? Yup peletakan partikel 을/를  berada diantara kosakata minum dan air. Jadi seperti "saya minum 을/를 air"

    Kita sudah mempelajari dalam analogi bahasa Indonesia, kemudian kita belajar dalam pembentukan kalimat dalam bahasa Korea. Perlu diketahui teman-teman bahwa struktur pembentukan bahasa Korea adalah SKOP atau subjek, keterangan, predikat, dan objek. Penempatan 을/를  berada diantara objek dan predikatnya. Contoh sebelumnya jika dibuat kedalam struktur kalimat bahasa Korea menjadi "saya air 을/를 minum". Sudah saya jelaskan bagaimana penggunaan partikel 을/를 dalam bahasa Korea, selanjutnya adalah tentang penggunaannya.

Penggunaan


    Penempatan 을/를 berdasarkan huruf vokal atau konsonan pada kata objek atau kata benda! Misalnya kosakata air dalam bahasa korea adalah 물 atau dibaca mul. Karena 물 merupakan kata benda yang berakhiran konsonan diakhiri dengan huruf "l", maka penempatan yang benar antara 을/를 adalah 을.

Contoh Kalimat

저는 물을 마십니다.
Saya minum air putih.
저 : Saya
물 : Air
마시다 : Meminum


내 남동생이 책을 삽니다.
Adik laki-laki saya membeli buku.
내 : Saya (kata ganti kepemilikan)
남동생 : Adik laki-laki
책 : Buku
사다 : Membeli

아버지는 신문을 읽습니다.
Ayah membaca koran.
아버지 : Ayah
신문 : Koran
읽다 : Membaca

형은 방에서 게임을합니다.
Kakak (laki-laki) bermain game di kamar.
형 : Kakak laki-laki (Penutur adalah laki-laki)
방 : Kamar
게임을 하다 : Bermain game 

저는 편지를 씁니다.
Saya menulis surat.
저 : Saya
편지 : Surat
쓰다 : Menulis


    Bagaimana teman-teman, sudah paham penggunaan partikel 을/를 dalam bahasa Korea? Penggunaan partikel 을/를 merupakan salah satu elemen terpenting dalam belajar bahasa Korea. Teman-teman harus berlatih dengan membuat kalimat-kalimat sendiri. Jika dalam artikel ini terdapat kesalahan, penulis meminta maaf yang sebesar-besarnya dan jangan lupa untuk memberikan komentar agar segera diperbaiki. Akhir kata semoga infonya bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam bahasa.

Penggunaan Partikel 을/를 Dalam Bahasa Korea Penggunaan Partikel 을/를 Dalam Bahasa Korea Reviewed by Fikri Haikal on Juni 11, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.